Amandel

amandelPenyakit amandel dikenal sebagai suatu masalah atau bahkan penyakit. Padahal amandel sebenarnya sama sekali bukan masalah apalagin penyakit. Amandel adalah system pertahanan tubuh manusia digaris depan. Amandel adalah kelenjar kecil yang berada di lokasi pintu masuk, yaitu mulut dan kerongkongan manusia. Ada 5 kelnjar amandel yang bertugas mendeteksi dan memusnahkan bakteri yang nunut bersama makanan yang kita makan. Kelimanya adalah kelenjar yang meskipun kecil tapi sangat penting untuk menjaga tubuh kita dari intervensi tahap awal bakteri serta kuman penyakit. Jika tidak menyadari hal ini, kemudian muncul masalah amandel yang kita anggap penyakit amandel (ketika amandel meradang dan bengkaka karena bertarung dengan bakteru) dengan bantuan dokyer amandel itu kita potong dan buang karena kita dan dokter menganggapnya sebagai benda tidak penting. Jika demikian halnya, system pertahanan tubuh garis depan kita sudah punah. Si amandel sebahgai pasukan garis depan untuk membunuh bakteri bahkan kita anggap sebagai benda tak berguna.

Semua itu terjadi karena kita tidaj mengenal tubuh dan diri kita dengan baik. Dan sungguh disayngakan bahwa sampai sekarang masih cukup banyak paramedic yag juga sperti orang awam, tidak mempelajari tubuh dan dirinya secara baik, padahal berprofesi sebagai dokter dan membantu orang mengobati penyakit fisik maupun mental. Orang sering beranggapan bahwa langkah terakhir untuk mengatasi radang amandel adalah dengan operasi. Anggapan tersebut tidak sela;lu benar karena amandel sebagai salah sat kelenjar getah bening melindungi tubuh dari infeksi. Pembengkakan kelenjar getah bening merupakan tanda bahwa kelenjar tersebut sedang mengendalikan infeksi yang terjadi. Misalnya bagian kaki terkena infeksi maka kelenjar getah bening yang ada dilipat paha membenkak, oleh orang Jawa disebut sekelen dan akan hilang dengan sendirinya.

Operasi dapat dilakukan bila radang amandel sudah parah. Operasi amandel adalah salah satu tindakan yang paling sering dilaksanakan. Berbeda dari pemrikiran para dokter yang terdahulu, sekarang cukup banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa akan timbul lebih banyak saluran pernapasan atas setelah operasi amandel daripada sebelumnya. Sekarang banyak dokter yang sepakat bahwa pembengkakan yang biasa pada amandel buka pertanda bahwa amandel tersebut harus dibuang.

Sebagian orang tergoda untuk membenci amandelnya karena sering membengkak. Lebih baik merawat dan mengobati penyakit amandel yang membengkak daripa membuangnya selagi fungus amandel itu masih baik. Sebab, sebenarnya amandel adalah bagaikan saringan kuman penyakit yang beredar ke dalam darah. Kuman yang terbawa oleh aliran darah ke amandel akan terjerat disana lalu dimakan oleh sel serdadu pemakan kuman. Disamping itu, lendir yang menyelimuti permukaan amandel dan celah-celahnya akan menjerat kuman yang melintasi permukaannya lalu juga mengirimkan sel serdadu untuk memakan kuman tersebut.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>